Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
KI dan KD mata pelajaran Sejarah Peminatan menjadi acuan dalam menentukan ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut terkait dengan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Silabus Sejarah Peminatan Kelas X, XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, guru diharapkan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut
Pembelajaran Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 menggunakan pendekatan saintifik sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis, kritis, rasional, dan analitis melalui langkah 5 M yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pendekatan saintifik dapat diaplikasikan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), dan Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning). Pendekatan saintifik selalu dikontekstualkan dengan kondisi daerah masing-masing, dikembangkan melalui kerja sama (kolaborasi) dan pengamatan dapat dilakukan melalui gambar, peta, grafik, film, dan visualisasi lainnya. Lingkungan menjadi sumber belajar, yakni menjadi bahan ajar, media pembelajaran, dan alat bantu pembelajaran. Di kelas, guru dapat menggunakan metode tanya jawab, diskusi, demonstrasi, bermain peran, simulasi, debat, dan sebagainya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Untuk Mendapatkan Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 caranya sangat mudah para rekan guru cukup dengan mendownloadnya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini
Penyempurnaan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan usaha untuk menegaskan kembali tentang pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; penyederhanaan format penilaian yang dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; dan penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.
Baca juga:
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Ekonomi Kelas 10 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Revisi 2017
Silabus Sejarah Peminatan Kelas X, XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, guru diharapkan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut
Pembelajaran Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 menggunakan pendekatan saintifik sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis, kritis, rasional, dan analitis melalui langkah 5 M yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pendekatan saintifik dapat diaplikasikan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), dan Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning). Pendekatan saintifik selalu dikontekstualkan dengan kondisi daerah masing-masing, dikembangkan melalui kerja sama (kolaborasi) dan pengamatan dapat dilakukan melalui gambar, peta, grafik, film, dan visualisasi lainnya. Lingkungan menjadi sumber belajar, yakni menjadi bahan ajar, media pembelajaran, dan alat bantu pembelajaran. Di kelas, guru dapat menggunakan metode tanya jawab, diskusi, demonstrasi, bermain peran, simulasi, debat, dan sebagainya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Untuk Mendapatkan Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 caranya sangat mudah para rekan guru cukup dengan mendownloadnya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Silabus Sejarah Peminatan Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Penyempurnaan silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan usaha untuk menegaskan kembali tentang pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; penyederhanaan format penilaian yang dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; dan penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.
Baca juga:
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Ekonomi Kelas 10 SMA kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Revisi 2017