RPP Tematik Terpadu Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1 Diriku ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih. Berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 komponen RPP adalah sebagai berikut.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih. Berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 komponen RPP adalah sebagai berikut.
- Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan.
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema.
- Kelas/semester.
- Materi pokok.
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk penca- paian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
- Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
- Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.
- Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
- Penilaian hasil pembelajaran.
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- RPP K1 T1 ST1 P1
- RPP K1 T1 ST1 P2
- RPP K1 T1 ST1 P3
- RPP K1 T1 ST1 P4
- RPP K1 T1 ST1 P5
- RPP K1 T1 ST1 P6
Baca Juga:
Jadwal Tematik Kelas 1,2,3,4,5, dan 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019
Petunjuk Teknis (JUKNIS) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2018
RPP Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Aplikasi Raport SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Petunjuk Teknis (JUKNIS) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2018
RPP Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Aplikasi Raport SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017